LPPM UMK Laksanakan Pelatihan Manajemen Keuangan dan Pemasaran Produk Budidaya Organik

Universitas Muhammadiyah Kendari melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) baru-baru ini melaksanakan kegiatan pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran produk budididaya tanaman dan ikan secara organik di desa lamomea, kecamatan konda, kabupaten konawe selatan. Tim pelaksana kegiatan yang diketuai oleh Eddy Hamka, S.Pi., M.Si, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) tahap dua yang sudah dimulai tahun 2017 kemarin.

 

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi kelompok desa mitra terkait akutansi keuangan yang baik dan strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan permintaan produk budidaya tanaman dan ikan secara organik. Para peserta pelatihan dibekali dengan modul-modul akutansi yang nantinya dapat digunakan dalam kegiatan pembukuan laporan keuangan kelompok, diantara modul buku kas, laba rugi, pembelian dan penjualan.

 

Disamping itu, tim PPDM LPPM Universitas Muhammadiyah Kendari, juga sedang membangun 1 unit rumah ternak dan telah menyediakan ternak sapi sebanyak 5 ekor. Menurut Amir Mahmud (salah satu anggota tim) bahwa kandang dan ternak sapi tersebut, nantinya akan dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik untuk dipergunakan pada lahan demplot yang telah disediakan pada tahun sebelumnya”. Lebih lanjut beliau menyatakan          “Diharapkan dengan adanya program pengembangan sentra organik farming di desa lamomea akan mempercepat upaya pengembangan produk organik di Desa Lamomea .

 

Oleh : Eddy Hamka, S.Pi., M.Si

Postingan Lain
Pengumuman